Academic · Uncategorized

Academic Writing: Tips and Resources

Well, akhir-akhir ini aku sangat aktif nge-blog.  Bukan karena aku g ada kerjaan ya (haha.. takut amat dikatain pengangguran).  Hanya saja, setelah ku tengok-tengok, banyak juga tulisan di laptop yang mungkin bisa berguna bagi orang lain.  Jadi mohon maaf kalo topik tulisannya sangat random, mulai dari catatan perjalanan, essai, seputar kesehatan, dan kali ini tentang tips menulis akademik dalam bahasa Inggris.  Disclaimer: saya bukan ahli bahasa, bukan pula ahli menulis akademik.  Saya hanya share materi dari Nijmegen Centre for Academic Writing, Radboud University, tempat dimana saya belajar saat ini.

Berbekal nilai IELTS yang lumayan, saya merasa cukup tenang dengan kemampuan bahasa Inggris saya.  Later I found out, ternyata salah besar sodara-sodara!  Saat dihadapkan pada tugas menulis, baik itu essay, project proposal, atau thesis, saya masih sangat kesulitan.  Kesulitan itu biasanya berupa bagaimana menuliskan kembali materi yang sudah saya baca dengan kalimat saya sendiri (rephrasing), bagaimana membuat tulisan yang punya alur agar mudah dipahami (coherence), serta masalah klasik, grammar.  Huhu… Karena keterbatasan waktu untuk belajar bahasa Inggris di tengah tuntutan akademik yang aduhai, akhirnya saya datang ke Centre for Academic Writing.  Di sana saya diskusi dengan mentor (bukan dosen) tentang kendala yang saya hadapi.  Mereka menekankan bahwa mereka bukan guru bahasa dan bukan proof reader.  Jadi saya datang membawa tulisan yang sudah saya buat, dibahas sedikit (karena hanya dikasih 30 menit satu sesi), dan dikasih “jalan keluar” berupa tips dan resources untuk belajar academic writing, sendiri!!! Hihihi…. Pada akhirnya saya memang harus invest waktu.  Nah, disini saya mau berbagi resources tersebut.  Semoga ada manfaatnya :

*Grammar Issues

Punya masalah dengan grammar?  Sama! Hehe…  Tips nya adalah gunakan satu buku grammar atau website untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang kita cari, over and over again.  Lama-lama akan hafal juga kan?  Kalau ada waktu, dan memang harus diusahakan ada waktu, bisa ikut english course (tatap muka ataupun online).  Ini list beberapa website yang bisa digunakan sebagai references:

The Purdue Online Writing Lab (OWL)

Englishpage.com

*General resources untuk academic writing

Academic Phrasebank

Website ini membantu banget untuk penulisan artikel ilmiah, terutama untuk mengutip sumber-sumber yang kita gunakan agar tidak disebut plagiat.  Disediakan berbagai contoh berbagai frase untuk mengklasifikasikan, membandingkan, memberi contoh, etc.  Bagaimanapun, kita perlu menyesuaikan contoh frase2 tersebut agar sesuai konteks tulisan kita.

Sumber-sumber lain

Masih kurang banyak sumbernya?  Okay, nih aku kasih list website yang bisa kamu kunjungi untuk improve academic writing!  Semoga sukses!!! 🙂

Academic skill, the University of Melbourne

Using English for Academic Purposes

RMIT writing skill

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s